Apa Saja Gejala Umum Vaskulitis? Yuk, Cari tahu!

Vaskulitis merupakan kondisi medis di mana ada peradangan yang terjadi pada pembuluh darah yang menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh darah. Perubahan yang mungkin terjadi pada dinding pembuluh darah antara lain, penebalan, penyempitan, pelemahan, dan munculnya bekas luka. Perubahan ini dapat menghambat aliran darah, dan mengakibatkan kerusakan pada organ dan jaringan tubuh.

Apa Saja Gejala Umum Vaskulitis? Yuk, Cari tahu!
Sumber : halodoc.com

Dilansir dari Halodoc, dari beberapa jenis vaskulitis, ada yang gejalanya ringan sehingga tidak memerlukan pengobatan. Namun, ada pula yang gejalanya parah dan berdampak pada organ penting dalam tubuh. Berikut ini gejala umum vaskulitis.

1. Penderita mengalami pegal-pegal.
2. Pasien berkeringat meski di malam hari.
3. Tubuh pasien mudah lelah meski tak banyak aktifitas.
4. Muncul ruam pada kulit.
5. Demam.
6. Terjadi gangguan sistem saraf, seperti kebas.
7. Berat badan turun.
8. Pasien menderita sakit kepala.

Menurut Alodocter, ada gejala lain yang lebih spesifik berdasarkan jenis-jenis vaskulitis, sebagai berikut.

1. Giant cell arteritis
Vaskulitis jenis ini menimbulkan gejala seperti sakit kepala, nyeri pada kulit kepala, nyeri rahang, dan gangguan, penglihatan hingga kebutaan akibat pembengkakan pembuluh darah arteri di kepala.
2. Arteritis takayasu
Hilang nafsu makan, nyeri sendi, demam, tekanan darah tinggi, berkeringat di malam hari, gangguan penglihatan, sakit kepala, denyut nadi lemah, merupakan bagian dari gejala vaskulitis jenis arteritis takayasu.
3. Cryoglobulinemia
Ruam, nyeri sendi, lemas, kebas, serta kesemutan akibat adanya protein yang tidak normal di dalam aliran darah.
4. Granulomatosis Wegener
Jenis ini menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, mimisan, infeksi sinus, dan batuk darah.
5. Henoch-schonlein purpura
Nyeri perut, nyeri sendi, adanya darah pada urin, dan ruam pada bokong atau kaki bagian bawah, akibat pembengkakan pembuluh darah kapiler di kulit, sendi, usus, dan ginjal.
6. Penyakit buerger
Jenis ini menyebabkan nyeri di area tangan dan kaki akibat peradangan dan pembekuan darah pada pembuluh darah di area tersebut.
7. Penyakit Kawasaki
Ruam, demam, dan ruam pada mata menjadi gejala dari penyakit kawasaki.
8. Poliangiitis mikroskopik
Nyeri perut, demam, ruam, nyeri otot, dan berat badan menurun.
9. Vaskulitis hipersensitif
Terjadi bintik merah pada kulit, biasanya hal ini muncul pada tungkai bagian bawah.
10. Sindrom Churg-Strauss
Sindrom Churg-Strauss menimbulkan gejala seperti nyeri saraf, perubahan warna kulit serta gejala semacam asma dan rinitis alergi. Namun, kondisi ini jarang terjadi.
11. Poliarteritis nodosa
Ruam, nyeri pada otot dan sendi, tekanan darah tinggi, lelah, nyeri perut setelah makan, dan gangguan pada ginjal.
12. Sindrom Behcet
Vaskulitis jenis ini menimbulkan gejala seperti radang pada mata, tukak pada mulut, dan kelamin serta lesi mirip jerawat pada kulit, akibat peradangan pada pembuluh darah arteri dan vena.

Pada mulanya gejala umum vaskulitis ini ditandai dengan bintik-bintik merah sampai merah muda, rata atau makula dan benjolan yang naik atau papula dapat terlihat pada kulit. Saat sepenuhnya berkembang, wujud klasiknya adalah purpura yang tidak memucat, teraba. Hal ini muncul sebagai bintik merah keunguan yang terasa terangkat saat disentuh.

Purpura mengacu pada bintik-bintik yang berubah warna antara merah-ungu, sementara teraba menyiratkan jika bintik-bintik ini dapat dirasakan seolah diangkat dari kulit sekitarnya. Selain itu, saat ditekan dengan lembut, warnanya tidak pudar menjadi warna yang lebih terang. Warna lesi yang merah-ungu ini disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan sel-sel darah merah keluar ke lapisan kulit dermis.

Lokasi resi bervariasi, tetapi kebanyakan ditemukan secara simetris di bawah pinggang, terutama pada bokong dan kaki. Dengan perawatan, lesi bisa sembuh dalam beberapa minggu hingga bulan. Dan meninggalkan bintuk-bintik datar yang lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.
Sekian.Semoga bermanfaat.
Share:

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.